Gejala Dan Penyebab Penyakit Asam Urat Serta Bahayanya

Pengertian Penyakit Asam Urat

Asam urat adalah kondisi yang dapat mengakibatkan nyeri yang tidak tertahankan, rasa panas, serta pembengkakan pada persendian. Persendian yang paling sering terkena asam urat ialah jari tangan, jari kakai, lutut, dan sendi pergelangan kaki.

Asam urat lebih banyak diderita oleh kaum laki-laki terutam asetelah menginjak usia 30 tahun ke atas. Namun pada perempuan penyakit ini beresiko timbul setelah terjadi menopouse.


Seseorang yang terserang penyakit asam urat pada umumnya akan mengalami kesakitan yang amat serius pada persendian. Rasa sakit itu bisa berlangsung hingga 10 hari disertai warna kulit kemerah-merahan dan mengalami pembengkakan. Pembengkakan tersebut tidaka akan hanya terjadi pada sendi namun meluas ke daerah dekat sendi. Pada saat kondisi tersebut terjadi, seseorang yang mengalaminya akan merasakan seolah-olah seperti lumpuh karena tidak bisa bergerak secara leluasa.

Banyak orang yang menyamakan penyakit asam urat dengan rematik. Padahal sebenarnya berbeda. Asam urat hanya terjadi pada sendi-sendi saja, adapun rasa sakit pada sekitar sendi itu dampak dari gangguan sendi yang sedang terserang asam urat. Beda dengan rematik. Rematik bisa terjadi pada sendi dan otot-otot dikarenakan mengalami peradangan yang kuat. Rematik ditandai dengan rasa pegal yang amat kuat pada bagian otot terutama otot betis, tangan dan pinggang.

Gejala Dan Penyebab Penyakit Asam Urat

Gejala yang akan timbul ketika seseorang mengalami asam urat yaitu pembengkakan, rasa nyeri dan panas pada persendian. Penyebabnya dipicu oleh tusukan-tusukan kristal-kristal tajam di sekitar sendi yang terbentuk akibat penumpukan zat asam urat. Penumpukan zat asam urat sendiri disebabkan oleh makanan-makanan yang mengandung kolesterol tingi dan lemak. Banyak sekali makanan yang mengandung lemak dan dapat menumbuhkan penyakit asam urat, seperti daging, ikan laut, telur, jeroan dan daging merah.

Selain makanan, jenis minuman yang banyak mengandung alkohol akan memudahkan tumbunya penyakit asam urat. Maka dari itu, sebisa mungkin Anda harus menghindari alkohol.

Dan yang paling rawan mengalami penyakit ini ialah orang-orang yang memiliki kolesterol tinggi, obesitas, diabetes, hipertensi dan penyakit ginjal kronik.

Dan ada sebauh penelitian yang mengungkapkan bahwa penyakit ini bersifat genetik pula. Artinya jika salah satu dari keluarga anda ada yang memiliki penyakit ini, maka andapun sangat beresiko mengalaminya.

Bahaya Penyakit Asam Urat

Asam urat pada sendi yaitu bisa membentuk kristal padat yang menyebabkan rasa sakit yang serius. Hal ini sering terjadi ketika asam urat dalam darah berlebihan. Kondisi seperti ini akan berdampak pada maslah seperti:

1. Kerusakan Pada Sendi

Jika asam urat pada sendi terus dibiarkan, maka lama kelamaan sendi tersebut akan mengalami kerusakan yang sangat fatal dan permanen. Bahaya sendi bahkan bisa membuata tulang menjadi bengkok dan tidak bisa digerakan. Jika terjadi semacam ini maka kemungkinan akan menjalani operasi.

2. Penyakit Jantung

Penyakit asam urat berdampak pula terhadap gangguan jantung. Hal ini jika dialami oleh penderita hipertesi, gagal jantung, dan penyakit darah tinggi.

3. Tubuh Cacat

Kerusakan pada sendi akan mengakibatkan seseorang tidak bisa bergerak secara normal. Hal ini membuat seseorang tidak akan bisa melakukan aktivitas seperti bekerja, melakukan pekerjaan rumah, dan lain-lain. Sehingga orang yang menderita penyakit asam urat lebih banyak diam di rumah. Hal ini akan membuat tubuh nengalami cacat.

4. Susah Tidur

Asam urat paling sering menyerang saat malam hari. Karena udara malam hari sangat dingin. Saat seperti ini membuat penderita susah tidur. Selau ingin dipijat dan diurut. Namun cara ini tidak membuat penyakit ini hilang.

5. Emosional Dan Psikologis

Seseorang yang mengalami asam urat terus menerus akan mendapat masalah pada psikologis atau kejiwaannya. Karena ia tidak akan bisa melakukan pekerjaannya secara normal. Pisiknya terganggu, lama-lama merasa lelah dan stress hingga depresi.

Masih banyak lagi bahaya yang diakibatkan penyakit asam urat, seperti penyakit diabetes, muncul tophi (penumpukan kristal di bawah kulit yang membentuk benjolan berwarna kuning atau putih, lebih sering mncul pada ibu jari, sikut, lengan, telinga, tumit, dan pergelangan kaki), bisa megakibatkan batu ginjal, penyakit ginjal, katarak, sindrom mata kering dan gangguan saraf otot.

Penyakit ini jangan sampai dibiarkan. Karena jika dibiarkan malah akan memperparah gejalanya. Lakukan pengobatan yang benar. Dan pengobatan yang terbukti ampuh biasanya dengan obat tradisional.

➤ Silahkan Baca : Obat Alami Asam Urat Yang Terbukti Ampuh
Ads go here

Comments

Archive

Contact Form

Send