10 Penyebab Sakit Maag Kronis Yang Sangat Fatal


Sakit maag atau yang sering disebut dalam kata lain yaitu dispepsia merupakan rasa sakit yang berasal dari lambung, usus, dan kerongkongan yang disebabkan oleh sejumlah kondisi.

Sakit maag ini merupakan penyakit umum yang sering di alami oleh masyarakat. Penyakit ini sangat mengganggu terhadap kondisi tubuh kita sehingga dapat mempengaruhi sejumlah aktivitas yang sering kita lakukan setiap hari, baik itu kerja, kuliah, dan sebagainya. Terkadang sakit maag juga muncul dengan tiba-tiba. Saat bekerja bisa saja perut kita terasa sakit dan seolah-olah terbelit oleh sesuatu karena saking sakitnya. Maka dari itu kita perlu mengetahui hal apa saja yang dapat mengakibatkan sakit maag.

Adapun hal-hal yang dapat menimbulkan penyakit maag adalah sebagai berikut:

1. Tukak Lambung

Tukak lambung adalah luka yang terdapat pada dinding lambung akibat terkikisnya lapisan dinding lambung. Penyakit ini sering muncul pada dinding bagian pertama usus kecil dan kerongkongan dan hal ini bisa di dapat menyerang semua orang atau semua umur baik itu kalangan kanak-kanak, dewasa, serta manula.

Penyakit ini memiliki potensi yang sangat berbahaya jika dialami oleh usia 60 tahun ke atas atau lansia. Hal ini dapat bersiko tinggi jika dialaminya oleh mereka. Maka dari itu kita patut mengetahui ciri dan gejala penyakit tukak lambung. Jika kita tahu gejala penyakit ini, maka kita akan hati-hati dan waspada agar tidak sampai terjadi pada diri sendiri. Tidak hanya itu, kita juga harus mengetahui bagaimana cara mengatasi penyakit tukak lambung supaya tidak repot ketika mengalami hal ini. Jika kitaa sudah mengetahui cara mengobatinya tinggal dipraktekan, atau jika tidak bisa dikerjakan sendiri maka bisa meminta bantuan pada keluarga, atau tinggal bilang sama mereka apa yang kita butuhkan.

2. Infeksi Bakteri Helicobacter Pylori

Hal lain yang menyebabkan timbulnya sakit maag adalah dikarenakan munculnya infeksi bakteri helicobacter pylori. Bakteri helicobater pylori ini adalah suatu bakteri yang bisa menumbuhkan peradangan lambung yang terkena gejala maag kronis pada manusia. Bakteri ini disebabkan oleh asupan makanan dan minuman yang tidak sehat. Makanan dan minuman yang tercemar yang masuk ke dalam lambung kita adalah hal yang paling berpotensi akan munculnya bakteri ini. Selain itu bisa juga disebabkan oleh kontak orang ke orang. Infeksi ini jika dibiarkan terus menenrus makan akan mengembangkan borok-borok pada usus dua belas jari dan lambung. Hal ini akan sangat mengganggu pada kesetabilan kinerja lambung dalam meresap serta mencerna makanan hingga timbul sakit maag kronis. Kita harus waspada akan penyakit ini karena jika sudah terjadi maag kronis akan cukup sulit untuk disembuhkan.

3. Terlalu Banyak Makan

Perlu kita akui bahwa mengatur makan itu sangat sulit. Kita sering kali lupa akan akibat yang aka dialami karena kebiasaan terlalu banyak makan. Terkadang kita makan sesuatu bukan karena untuk menjaga kelangsungan hidup dan menjaga kesehatan serta kesetabilan daya tahan tubuh melainkan karena hawa nafsu yang sering muncul pada diri kita.

Saat kita makan terlalu banyak, tentu saja organ pencernaan seperti lambung akan bekerja keras untuk mencerna makanan tersebut. Namun peroses pencernaan yang dilakukan lambung akan sangat terhambat karena seluruh organ pencernaan penuh dengan makanan, sehingga makanan yang dicerna tidak akan sempurna bahkan akan menjadi pembusukan di dalam perut yang mengakibatkan seluruh organ tubuh mengalami kelemahan. Hal ini juga akan menumbuhkan penyakit maag kronis pada lambung. Dan masih banyak lagi dampak yang diakibatkan terlalu banyak makan.

4. Makan Terlalu Cepat

Kenapa makan cepat dapat mengakibatkan timbulnya sakit maag kronis? Apa saja dampak buruk makan dengan tergesa-gesa? Anda jangan pernah megira bahwa makan banyak apalagi dengan waktu yang sebentar alias makan cepat akan mempercepat pertumbuhan badan dan membuat daya tahan tubuh menjadi stabil. Akan tetapi, anda harus ingat bahwa makan cepat itu sangatlah berbahaya bagi kesehatan. Awal mula yang akan terjadi kerusakan adalah organ pencernaan yaitu lambung dan usus. Mengapa kita harus makan dengan santai dan mengunyah makanan dengan waktu yang cukup lama? Hal ini bertujuan supaya makanan yang kita konsumsi itu lebih halus teksturnya ketika masuk ke lambung, dan lambung bekerja dengan mudah mencerna makanan tersebut sehingga lebih cepat disalurkan ke berbagai organ tubuh lain yang membutuhkan.

Selain itu masih banyak lagi dampak buruk makan terlalu cepat bagi kesehatan, diantaranya resiko ngantuk berat, kinerja otak semakin melemah, berat badan akan mengalami kenaikan drastis namun kurang tenaga, serta resiko tergigit.

5. Obesitas

Obesitas merupakan pertumbuhan lemak yang banyak pada tubuh yang mengakibatkan berat badan terus bertambah namun berada pada batas yang ideal. Penyakit ini bisa mengakibatkan komplikasi bahkan bisa merenggut nyawa sekaligus. Beberapa komplikasi yang diakibatkan dari obesitas diantaranya penyakit jantung koroner, kanker usus, kanker payudara, serta stroke. Kanker pada usus akan mengakibatkn proses pencernaan makanan menjadi terhabat sehingga akan memicu terjadinya maag kronis pada lambung.

Tak hanya itu, obesitas juga sangat berbahaya terhadap kesehatan psikologis. Penyebab stres dan depresi salah satunya dipicu oleh penyakit yang satu ini. Penyakit ini bisa diatasi dengan mengatur pola makan. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak dan gula. Selain mengatur pola makan juga harus berolahraga secara rutin agar daya tahan tubuh serta peredaran darah tetap stabil.

6. Merokok

Mungkin anda berpikir bahwa merokok itu hanya membahayakan kesehatan jantung saja. Padahal merokok juga sangat berbahaya terhadap organ tubuh lainnya salah satunya adalah organ pencernaan yaitu lambung dan usus.

Merokok akan mengakibatkan lambung menerima gas dan produksi asam bertambah naik secara drastis. Hasilnya akan membuat perut anda terasa kembung, mual dan nyeri yang membelit. Jika aktivitas merokok ini dilakukan secara terus menerus maka resiko yang akan dialami adalah terjadinya maag kronis pada lambung yang sehingga akan berbahaya juga terhadap organ tubuh lain. Maka bagi anda yang hobby merokok segera tinggalkan saja hobby tersebut agar organ pencernaan anda tetap bersih dari bakteri dan jauh dari penyakit maag kronis.

7. Masalah Psikologi (Seperti Stress Dan Depresi)

Kondisi stress ternyata memiliki dampak buruk juga terhadap organ pencernaan. Mengapa demikian? Karena organ pencernaan kita yaitu lambung dan usus itu memiliki saraf-saraf yang terhubung ke otak. Bahkan para peneliti telah menemukan bahwa hormon yang mengatur suasana hati adalah terdapat pada organ pencernaan.

Masalah gangguan psikolog atau stress dan depresi akan memicu penyakit lambung atau maag kronis karena beberapa faktor yang terjadi di dalam lambung. Salah satunya adalah meningkatnya asam lambung dan gangguan kontraksi organ pencernaan. Selain itu depresi juga mengakibatkan terganggunya aliran darah yang menuju sistem pencernaan sehingga organ pencernaan tidak bekerja dengan stabil.

8. Terlalu Banyak Mengkonsumsi Makanan Yang Berminyak, Berlemak, Serta Makanan Pedas

Memakan makanan yang pedas, berminyak, dan berlemak akan mengakibatkan naiknya asam lambung serta gangguan iritasi pada dinding lambung serta kerongkongan. Ketika lambung sudah terluka makan akan sangat cepat terjadi sakit maag kronis yang sangat sulit diobati.

9. Terlalu Banyak Mengkonsumsi Kafein, Soda, Dan Alkohol

Mengkonsumsi kafein, sodan serta alkohol sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh salah satunya yang akan terganggu adalah lambung. Lambung akan menerima asam yang yang sangat tinggi sehingga lapisan dindingnya akan terkikis terus menerus. Selain itu proses pencernaan akan semakin terhambat sehingga akan seringkali sembelit, sakit perut, mules, mual, dan berkurangnya nafsu makan. Makanan dan minuman seperti ini sangat cepat memicu penyakit maag kronis, maka lebih baik dihindari.

10. Konstipasi

Konstipasi adalah kondisi tubuh dimana terasa sangat sulit buang air besar, tidak lancar atau bahkan tidak bisa sama sekali. Biasanya orang mengalami konstipasi gara-gara kurang minum, kurang asupan makanan yang berserat, efek stress atau depresi, serta sering mangabaikan keinginana untuk buang air besar. Tanda orang akan mengalami konstipasi secara umumnya adalah tidak mengalami buang air besar 3 kali selama waktu seminggu. Penyakit ini sangat berbahaya apalagi bagi penderita sakit maag. Dan penyakit ini juga bisa terjadi pada semua umur. Hal lain yang memicu terjadinya konstipasi yaitu perubahan pola makan atau makan yang tidak teratur. Maka anda harus waspada dan memperhatikan kesehatan diri pribadi juga keluarga.
Ads go here

Comments

Archive

Contact Form

Send