Cara Menjaga Hormon Agar Tetap Normal


Perlu anda ketahui, menjaga hormon secara stabil akan membawa manfaat besar terhadap kesehatan tubuh anda terutama kesehatan organ reproduksi. Hormon memiliki peran penting dalam mengendalikan proses pertumbuhan baik pada manusia maupun hewan. Hormon yang tidak stabil aka berdampak pada gangguan kesehatan seperti pola pikir, gangguan pada kesehatan tulang, serta organ tubuh lainnya. Yang paling berbahaya yakni bisa mempengaruhi gairah seksual baik pada pria maupun wanita.

Apabila produksi hormon pada tubuh mengalami peningkatan maka akan memicu nafsu yang tak tertahan. Hal ini sering mengakibtakn seseorang hilang kendali hingga melakukan perbuatan yang melanggar norma dan hukum seperti pemerkosaan hingga pembunuhan.

Dan jika hormon pada seseorang mengalami penurunan maka akan membuat seseorang merasa terganggu, yakni pada masalah kesehatan. Mulai dari organ masalah kejiwaan, pola pikir, serta gangguan pada organ tubuh. Kekurangan hormon akan mengakibatkan seseorang mudah lelah, kurang nafsu makan, tidak gairah, dan mengalami perubahan pada fisik terutama pada masalah rambut akan mengalami kerontokan atau kebotakan.

Dengan demikian, kadar hormon yang berlebihan atau mengalami penurunan tentu mempengaruhi kesehatan baik baik pada pria maupun wanita. Maka dari itu sangatlah penting menjaga hormon agar tetap stabil. Lalu bagaimana cara yang bisa dilakukan agar hormon tetap stabil? Berikut adalah tips yang bisa anda lakukan agar hormon anda tetap stabil:

1. Mengatur Pola Makan

Asupan makanan sangatlah penting dan harus benar-benar dijaga. Untuk menstabilkan kadar hormon dalam tubuh maka asupan kalium dan natrium harus seimbang. Buah-buahan, daging, dan sayuran harus dikonsumsi dengan seimbang dan teratur demi menghasilkan hormon yang stabil di dalam tubuh anda.

2. Merubah Gaya Hidup

Gaya hidup tentu haus diperhatikan juga. Mengapa demikian? Karena gaya hidup juga bisa mempengaruhi kadar hormon di dalam tubuh. Terutama gaya hidup masa kini yang sudah merajalela dan menjadi kebiasaan banyak orang seperti mabuk atau meminum alkohol. Hal ini akan membuat kadar hormon testosteron mengalami penurunan. Dan melemahkan saraf-araf tubuh seperti saraf otak hingga mengakibatkan penyakit yang tergolong sangat mematikan yaitu penyakit stroke.

3.Hindari Merokok

Merokok juga mempengaruhi kadar hormon dalam tubuh manusia. Merokok akan membuat organ reproduksi mengalami masalah yang serius yakni bisa menyebabkan impotensi. Masalah semacam ini tentu dipengaruhi oleh ketidakstabilan hormon yang diproduksi oleh tubuh.

4. Konsumsi Cukup Buah-Buahan

Buah-buahan sangat penting dalam menjaga kesetabilan hormon, karena pada umumnya buah-buahan mengandung sejumlah zat yang sangat diperlukan tubuh untuk kesehatan hormon. Baik pada hormon pria maupun wanita akan mengalami kesuburan. Beberapa jenis buah yang sangat dianjurkan seperti pisang, pepaya, anggur, lemon, alpukat, dan buah kelapa.

5. Berolahraga Secara Teratur

Ada yang mengatakan "percuma makan sehat dan banyak jika tidak diimbangi dengan berolahraga". Pernyataan seperti itu ada benarnya juga. Karena pola makan yang baik akan lebih sempurna jika diimbangi dengan berolahraga. Hal ini akan berdampak baik terhadap kesehatan tubuh, termasuk kesehatan organ reproduksi dan kesetabilan hormon.

Semua cara di atas adalah termasuk cara alami dalam menjaga kesehatan hormon agar tetap normal. Dan cara alami merupakan cara yang paling baik dalam hal menjaga kesehatan tubuh.
Ads go here

Comments

Archive

Contact Form

Send